stoodioHITS Blog

YouTube Mengembangkan Sistem Penghapusan Konten AI untuk Melindungi Hak Cipta Musik

YouTube Mengembangkan Sistem Penghapusan Konten AI untuk Melindungi Hak Cipta Musik. (WA:08111474855). YouTube, sebagai platform terkemuka dalam industri video daring, tengah melakukan pengembangan sistem baru yang memungkinkan mitra musiknya untuk meminta penghapusan konten AI yang meniru suara bernyanyi atau rap seorang artis. Sistem ini saat ini hanya tersedia untuk label atau distributor yang terlibat dalam eksperimen musik AI di YouTube, tetapi YouTube memiliki rencana untuk memperluas akses ke label dan distributor musik lainnya di masa mendatang.

Kolaborasi antara YouTube dan Universal Music Group (UMG) dalam pengembangan alat musik AI mencapai puncaknya dengan pendirian “AI Music Incubator,” sebuah inisiatif yang memungkinkan para artis berkolaborasi dengan pengembang YouTube untuk menciptakan alat AI baru.

Tidak hanya dengan UMG, YouTube juga sedang dalam pembicaraan dengan Google, perusahaan induknya, bersama Universal Music Group (UMG) dan Warner Music Group (WMG), untuk mengembangkan produk baru yang memungkinkan pemegang hak mengumpulkan pembayaran dari deep fake AI yang dibuat oleh penggemar.

Baca juga: Believe Dan Teknologi AI Radar: Atasi Banjir Lagu Buatan AI!

Namun, YouTube menegaskan bahwa permintaan penghapusan di bawah sistem baru ini tidak akan otomatis disetujui. Faktor-faktor seperti liputan berita, analisis, atau kritik terhadap suara sintetis akan menjadi pertimbangan penting dalam pengambilan keputusan. Sebelum mengumumkan sistem baru ini, YouTube telah bekerja sama dengan pemegang hak untuk penghapusan musik yang dihasilkan AI.

Pembuat konten di YouTube akan diwajibkan untuk memberi label pada konten yang dihasilkan AI saat mengunggahnya ke platform. Kegagalan untuk melakukan ini dapat mengakibatkan sanksi, termasuk penghapusan konten atau penangguhan dari Program Mitra YouTube.

Selain itu, YouTube tengah mengembangkan sistem baru untuk memungkinkan individu meminta penghapusan video yang menampilkan konten sintetis atau diubah yang mensimulasikan individu yang dapat diidentifikasi. Platform ini juga sedang aktif berinvestasi dalam alat untuk mendeteksi dan menentukan apakah pembuat konten telah memenuhi persyaratan pengungkapan untuk konten sintetis atau diubah.

YouTube mengembangkan sistem penghapusan konten AI & mengutamakan keselamatan komunitasnya dengan tujuan menyeimbangkan manfaat dari AI generatif. Dengan langkah-langkah ini, YouTube berupaya menjaga integritas kreatif, melindungi hak cipta, dan memberikan pengalaman yang aman bagi pengguna dan pemegang hak cipta.

 

Share:

More Posts