stoodioHITS Blog

Tren Musik yang Perlu Diketahui Sebagai Seorang Artis (per Desember 2023)

Tren Musik yang Perlu Diketahui

Tren Musik yang Perlu Diketahui Sebagai Seorang Artis (per Desember 2023). Dalam era yang terus berubah dengan cepat, para musisi harus tetap terinformasi dan adaptif terhadap perubahan tren musik agar dapat berhasil dalam industri yang kompetitif. Per tanggal 22 November 2023, berikut adalah beberapa tren musik yang perlu diketahui oleh setiap artis:

1. Memahami Perubahan Lanskap Musik:

Kunci pertama keberhasilan artis modern adalah pemahaman mendalam terhadap perubahan lanskap musik. Kesadaran terhadap genre yang sedang tren, teknologi mutakhir, format musik yang populer, dan aplikasi viral menjadi sangat penting. Sejarah mencatat bahwa artis yang memanfaatkan tren awal, seperti yang terjadi di era MySpace, sering kali meraih kesuksesan lebih cepat.

2. Dominasi Streaming:

Tidak dapat dipungkiri, pasar streaming global telah menjadi kekuatan dominan, diperkirakan mencapai $25,84 miliar pada tahun 2023. Meskipun tantangan seperti bayaran rendah bagi artis masih ada, platform seperti Spotify dan Apple Music tetap menjadi sarana efektif bagi artis independen untuk mendapatkan eksposur luas. Artis perlu memandang streaming sebagai biaya pemasaran yang berpotensi besar daripada sumber pendapatan utama.

3. Kemunculan Kembali Vinyl:

Tren kembali ke era analog juga terlihat dalam popularitas vinyl. Penjualan vinyl melampaui penjualan CD pada tahun 2022, mencapai $1,2 miliar. Daya tarik nostalgia, kepemilikan fisik, dan kualitas suara yang superior menjadi alasan utama di balik fenomena ini. Meski demikian, perlu diingat bahwa produksi vinyl dapat mengalami keterlambatan, meskipun memberikan margin keuntungan tinggi.

4. Peran Media Sosial:

Media sosial terus menjadi kekuatan besar dalam mempromosikan musik. TikTok, dengan kemampuannya menyamakan peluang antara artis indie dan mainstream, memimpin tren ini. Instagram, dengan fitur multimedia-nya, memberikan platform yang ideal untuk pemasaran musik. Keterlibatan efektif di media sosial membutuhkan kreativitas konsisten, interaksi dua arah, dan pemahaman mendalam tentang intricacies dari setiap platform.

 

Baca juga: Perubahan Besar Di Spotify: CFO Paul Vogel Meninggalkan Perusahaan

5. Pencampuran Genre dan Inovasi:

Platform seperti Soundcloud menjadi ajang bagi tren pencampuran genre dan pembuatan mikrogenre. Drift phonk, amapiano, slowcore, dan Eurodance adalah contoh nyata dari kekayaan musik yang dapat ditemukan di era ini. Melimpahnya opsi musik memungkinkan pendengar mencari suara yang unik, menciptakan ruang untuk eksperimen dan inovasi.

6. Keberlanjutan dalam Produksi Musik:

Tantangan lingkungan yang dihadapi oleh tur musik live menggiring tren menuju praktik ramah lingkungan. Artis terkenal, bekerja sama dengan organisasi seperti REVERB, telah memimpin langkah-langkah untuk membuat konser dan tur lebih ramah lingkungan. Bagi artis independen, meskipun mungkin sulit untuk mengadopsi opsi ramah lingkungan karena kendala keuangan, “lakukan yang bisa” menjadi prinsip kunci.

Kesimpulan:

Sementara menciptakan musik berkualitas tetap menjadi prioritas, kesadaran akan tren musik saat ini juga merupakan elemen krusial untuk terhubung dengan audiens. Baik melalui streaming, eksplorasi format analog seperti vinyl, aktif di media sosial, menciptakan genre inovatif, atau menerapkan praktik berkelanjutan, artis dapat menavigasi lanskap musik yang terus berkembang untuk mencapai kesuksesan jangka panjang. Keberhasilan tidak hanya bergantung pada bakat musikal, tetapi juga pada kemampuan adaptasi  dan pemahaman terhadap dinamika industri musik modern, itulah bagian penting dari tren musik yang perlu diketahui.

You

Share:

More Posts