stoodioHITS Blog

Spotify Menyusun Daftar Distributor Musik “Preferred” dan “Recommended” untuk Tahun 2024

Spotify Menyusun Daftar Distributor Musik

 

Spotify Menyusun Daftar Distributor Musik “Preferred” dan “Recommended” untuk Tahun 2024. Spotify telah menetapkan standar tinggi untuk memastikan kualitas metadata dan langkah-langkah anti-pelanggaran hak cipta dalam distribusi musik. Sebagai langkah untuk memastikan pengalaman mendengarkan yang optimal bagi pengguna, Spotify mengakui beberapa distributor musik sebagai “Preferred” berdasarkan kriteria tertentu.

Seleksi Distributor “Preferred” Spotify:

Distributor yang dianggap “Preferred” harus menjalani pemeriksaan awal terhadap setiap musik yang diunggah ke platform. Spotify memastikan bahwa mereka memenuhi standar tertentu, termasuk metadata lengkap dan bebas dari masalah hak cipta. Pemilihan distributor ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada penyedia layanan yang berkomitmen pada kualitas dan kepatuhan hukum dalam industri musik.

Untuk musisi independen yang memilih jalur do-it-yourself (DIY), daftar distributor “Preferred” untuk tahun 2024 mencakup nama-nama seperti DistroKid, CD Baby, ONErpm, Amuse, dan RouteNote. Namun, menariknya, Tunecore, meskipun direkomendasikan, tidak termasuk dalam kategori “Preferred” untuk seniman DIY.

 

Baca Juga: Dilema Musik AI: Antara Inspirasi Artistik Dan Batasan Hukum

Pilihan Distributor Bagi Label Independen:

Bagi label independen dan musisi terkemuka, Spotify telah mengakui sejumlah distributor sebagai “Preferred.” Di antara mereka adalah The Orchard, FUGA, Soundcloud, Secretly, Symphonic, Redeye, dan Downtown. Keputusan ini memberikan label dan seniman tersebut akses lebih besar ke pasar Spotify, dengan asumsi bahwa distribusi mereka memenuhi standar tinggi yang ditetapkan oleh platform.

Menariknya, meskipun platform DIY dari Believe, yaitu Tunecore, tidak termasuk dalam daftar “Preferred,” Believe sendiri diakui sebagai “Preferred Label Distributor.”

Pilihan Distributor masuk kategori”Recommended.”:

Selain itu, beberapa distributor tambahan seperti Ingrooves, Cargo, dan Proton ditempatkan dalam kategori “Recommended” oleh Spotify. Meskipun tidak mencapai status “Preferred,” distributor-distributor ini tetap diakui sebagai pilihan yang dapat diandalkan oleh seniman dan label musik yang ingin mendistribusikan karya mereka melalui platform Spotify.

Spotify Menyusun Daftar Distributor Musik “Preferred” dan “Recommended” untuk tahun 2024, hasil lengkapnya bisa dilihat di link ini & dapat diakses secara publik. Pengkategorian distributor musik ini diharapkan dapat memberikan panduan yang lebih baik bagi para seniman dan label musik dalam memilih mitra distribusi mereka.

Share:

More Posts