stoodioHITS Blog

Rekomendasi Alat Musik Budget Minim

Rekomendasi alat musik budget minim

Rekomendasi alat musik budget minim. Menjadi musisi indie dan bisa menciptakan karya yang monumental tidak harus menggunakan instrumen musik yang berharga selangit. Yang paling penting adalah skill kalian dan tentunya kemauan yang tinggi dalam bermusik. Berikut ini rekomendasi alat musik dengan harga yang cukup ramah buat kantong musisi indie:

  1. Gitar Akustik Yamaha C40

Gitar akustik sudah menjadi barang wajib bagi musisi indie terutama yang pemula, disamping affordable, gitar juga menjadi alat musik yang paling “merakyat”. Yamaha C40 jadi rekomendasi kami yang pertama karena sound yang dihasilkan cukup seimbang, harga juga relatif murah dan sangat nyaman untuk dimainkan, cocok bagi kalian yang genrenya banyak menggunakan sound gitar akustik.

Berikut ini sample soundnya: Yamaha C40

Harga: Rp 1.300.000 – Rp 1.600.000

  1. Keyboard Casio CT-S1

Rekomendasi kami yang kedua adalah keyboards Casio CT-S1. Bentuknya yang ramping dan sederhana, ringan dan sangat mobile, dan yang terpenting soundnya bagus. Keyboard ini hampir bisa memenuhi semua kebutuhan basic untuk musisi indie, disamping harganya murah, fiturnya banyak dan portable. Cocok bagi kalian yang sering melakukan gigs atau showcase untuk promo single.

Berikut sample soundnya: Casio CT-S1

Harga: Rp 3.500.000 – Rp 4.500.000

  1. Digital Audio Workstation (DAW) Reaper

Selanjutnya untuk menunjang proses kalian berkarya sangat diperlukan DAW (Digital Audio Workstation). DAW berfungsi merekam sekaligus menjadi partner wajib bagi kalian untuk membuat sebuah komposisi musik. Reaper jadi rekomendasi kami, karena menawarkan versi gratis dan fiturnya sudah memadai. Namun jika ingin lebih advance, versi fullnya pun juga masih tergolong murah, sekitar satu jutaan. Harganya hanya ¼ nya dari harga DAW pada umumnya.

Berikut review lengkapnya: Reaper.

Harga: Gratis (versi trial), Rp 930.000 (lisensi penuh)

 

Baca juga: Bagaimana Mengatasi Rasa Takut Untuk Edar Single Pertama.
  1. Mikrofon USB Blue Yeti Nano

Mikrofon ini menawarkan kualitas yang cukup memadai dengan harga yang miring. Benar sekali bahwa mic sangat esensial untuk perekaman vocal, dan Blue Yeti Nano sudah bisa mengakomodasi kebutuhan itu. Mic ini memiliki interface USB sehingga tidak memerlukan soundcard tambahan untuk bisa terkoneksi dengan komputer. Walaupun sebagian orang banyak menggunakan Mic berjenis condenser ini untuk podcast, tapi sejatinya Blue Yeti nano ini juga bagus untuk perekaman vocal lagu kalian.

Berikut sampel audionya: Blue Yeti Nano

Harga: Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000

  1. Headphone Audio-Technica ATH-M20x

Headphone menjadi tools vital dalam proses perekaman. Audio-Technica ATH-M20x terkenal dengan suaranya yang netral dan nyaman digunakan dalam waktu lama, sehingga sangat pas untuk proses kreasi musik kalian. Design kokoh dan sound yang flat membuatnya banyak digunakan oleh engineer audio, harganya pun cocok di kantong musisi ber budget pas-pasan

Harga: Rp 800.000 – Rp 1.000.000

Tips:

  • Lakukan riset online: Cari tahu review dan perbandingan alat musik sebelum membeli.
  • Coba di toko musik: Jika memungkinkan, coba mainkan alat musiknya terlebih dahulu sebelum membeli.
  • Pertimbangkan kebutuhan kalian: Pilihlah alat musik yang sesuai dengan genre musik yang kalian mainkan dan tentunya budget yang ada.
  • Jangan lupa aksesoris: Pertimbangkan juga aksesoris yang diperlukan, seperti kabel, tuner, dan capo.dll

Semoga rekomendasi kami ini bisa membantu kalian menentukan peralatan musik apa yang harus dipersiapkan sementara budget yang ada cukup mepet :).

Share:

More Posts