stoodioHITS Blog

Rangkuman Spotify 2023: Review Dunia Musik yang Beragam

Rangkuman Spotify 2023

 

Rangkuman Spotify 2023: Review Dunia Musik yang Beragam. Spotify, pemimpin global dalam layanan streaming musik, telah membuka data streaming mereka untuk tahun 2023. Laporan ini memberikan wawasan menarik tentang preferensi dan pola mendengarkan musik di seluruh dunia.

Dominasi Artis dan Album

Artis yang paling banyak didengarkan di Spotify secara global tahun ini termasuk beberapa nama besar seperti Taylor Swift, Bad Bunny, The Weeknd, Drake, dan Peso Pluma. Keberhasilan mereka menandai keberagaman dalam selera musik yang berkembang di antara pendengar global. Album yang mendominasi dengan streaming terbanyak adalah “Un Verano Sin Ti” oleh Bad Bunny, “Midnights” oleh Taylor Swift, “SOS” oleh SZA, “Starboy” oleh The Weeknd, dan “Mañana Será Bonito” oleh Karol G, menggambarkan daya tarik lintas genre dan lintas budaya dari musik modern.

Tren dan Genre yang Berkembang

Tahun 2023 menunjukkan beberapa tren musik yang menarik. Di Kolombia, misalnya, ada peningkatan minat yang signifikan terhadap musik Meksiko, dengan peningkatan konsumsi hingga 85%. Sementara itu, musik instrumental klasik India mengalami pertumbuhan mencengangkan di Spotify, dengan peningkatan sekitar 500% dalam 24 bulan terakhir. Ini menunjukkan kecenderungan pendengar global untuk mengeksplorasi lebih dalam genre dan budaya musik.

Afrobeats juga mendapatkan momentum yang luar biasa, tumbuh sebesar 550% sejak 2017. Lagu “Calm Down” oleh Rema mencatat sejarah sebagai trek pertama dari artis Afrobeats yang mencapai satu miliar streaming di Spotify. Mandopop, dengan artis seperti Jay Chou, juga mencatatkan pertumbuhan yang signifikan, menegaskan kembali kekuatan musik Asia dalam arus utama global.

Baca juga: Menghadapi Banyak Pilihan Di Dunia Musik: Tantangan Dan Solusinya

Inovasi dalam Spotify Wrapped 2023

Spotify Wrapped 2023 membawa fitur baru yang menarik, termasuk cerita data pribadi yang memasangkan pengguna dengan kota berdasarkan kebiasaan mendengarkan mereka. Ini memberikan wawasan yang lebih dalam tentang genre dan artis favorit mereka. Pengguna diberikan karakter mendengarkan unik, satu dari dua belas tipe, berdasarkan selera musik mereka, menambahkan sentuhan personalisasi yang lebih dalam. Selain itu, fitur interaktif dan pemasaran merchandise memberikan peluang bagi artis untuk terhubung secara lebih intim dengan penggemar mereka.

Secara keseluruhan, data dari Spotify pada tahun 2023 menggambarkan lanskap konsumsi musik yang terus berubah dan beragam. Dengan meningkatnya variasi genre musik dan inovasi dalam pengalaman mendengarkan, Spotify tidak hanya mempertahankan posisinya sebagai platform streaming utama tetapi juga sebagai pembentuk tren dalam dunia musik global.

Share:

More Posts