stoodioHITS Blog

Rahasia Video Pendek Viral: Pelajaran dari Jenny Hoyos

Rahasia Video Pendek Viral

Rahasia Video Pendek Viral: Pelajaran dari Jenny Hoyos. Jenny Hoyos adalah youtuber belia berusia 18 tahun yang dianggap telah menemukan kunci bagaimana membuat konten viral. Kalau dilihat konten2 short di channelnya, rata2 viewnya jutaan, dan hal ini bukan didapat dari keberuntungan, namun setup yang benar2 direncanakan. Insight yang bisa didapatkan darinya adalah dia tidak mempertanyakan konten ini kenapa Viral, tapi justru mempertanyakan bagaimana suatu konten bisa viral.

Tapi apa rahasianya? Dan bisakah ditiru? Menurut Jenny setelah mempelajari  ribuan video pendek, termasuk dari channel MrBeast dan cannel Ryan Trahan, dia berkesimpulan bahwa pasti ada pola yang bisa ditiru.

Hook: Senjata Terpenting 

Dalam short, setiap detik menjadi sangat berharga, tidak seperti di video long format, yang mengutamakan retensi, dalam short yang menjadi kunci utamanya adalah HOOK. Hook ini akan berfungsi ganda, yaitu sebagai judul konten sekaligus jadi thumbnail yang menarik.

  • Menarik secara visual: Langsung menarik perhatian.
  • Mudah Dipahami: Idenya harus jelas dan bisa langsung ditangkap tanpa perlu audio.

Semua Tentang Story

Audience akan selalu tertarik dengan cerita. Buat kontenmu bercerita dengan dibumbui ironi, drama, atau POV yang relate dengan target market. Jadi jangan ketinggalan Personalisasikan kontenmu dengan cerita yang relatable dan unik.

 

Baca juga: Rekomendasi Alat Musik Budget Minim

Bagaimana Jenny Hoyos Merealisasikannya

Dalam proses pembuatan kontennya, Jenny melakukan hal-hal berikut ini: 

  • Visual Hooks Pertama: Dia membuat sketsa visual sebelum menulis, memprioritaskan momen yang menarik perhatian itu. (Semacam storyboard)
  • Kejelasan adalah Kunci: Buat script yang sederhana dan jelas, patokannya script harus mudah dimengerti oleh anak kelas lima SD.

Siapapun Bisa Melakukannya (Dengan Strategi yang Tepat)

Kesuksesan membuat konten viral bukan terletak pada topik yang kuat, melainkan bagaimana mengemasnya menjadi sebuah cerita yang telah dipersonalisasi (drama, pov atau hal2 lain yang unik) & mudah dimengerti. Ingat selalu HOOKnya apa dan bagaimana, cobalah untuk brainstorming untuk mendapatkan hook yang kuat.  

Share:

More Posts