stoodioHITS Blog

Perselisihan Lisensi Musik: Universal Music Group vs TikTok

Perselisihan Lisensi Musik

 

Perselisihan Lisensi Musik: Universal Music Group vs TikTok. Universal Music Group (UMG), salah satu raksasa industri musik, saat ini terlibat dalam perselisihan dengan TikTok. Hal in terkait dengan masalah biaya lisensi musik. Perselisihan antara perusahaan musik dan platform digital menyoroti isu nilai dan kompensasi adil.

Dukungan Industri Musik: Primary Wave Bersama UMG

Primary Wave, perusahaan yang mewakili beberapa artis ikonik, telah menyatakan dukungan untuk UMG. Mereka mengkritik TikTok karena pembayaran yang dianggap tidak memadai kepada para artis. Dukungan ini menegaskan pentingnya menghargai kontribusi artis terhadap industri musik dan budaya populer.

Seruan untuk Keadilan: Downtown Music Holdings dan TikTok

Downtown Music Holdings, pemain kunci lainnya dalam industri musik, menyerukan revisi kemitraan antara industri musik dan TikTok. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa kompensasi bagi para artis dan pemilik hak musik merupakan cerminan yang adil dari nilai yang mereka bawa ke platform digital.

NMPA Kritik Praktik TikTok terhadap Pencipta Musik

Asosiasi Penerbit Musik Nasional AS (NMPA) telah menambahkan suara kritis terhadap sikap TikTok, menekankan bahwa platform tersebut harus lebih menghargai para pencipta musik. NMPA menuntut kompensasi yang lebih adil bagi penulis lagu, yang kerap kali tidak mendapatkan bagian yang setara dengan apa yang diperoleh oleh artis dan label rekaman dari penggunaan musik mereka di platform digital.

Baca juga: Rangkuman Spotify 2023: Review Dunia Musik Yang Beragam

Tarif Lebih Tinggi dari TikTok: Perspektif Merck Mercuriadis

Merck Mercuriadis, Ketua Hipgnosis Song Management, juga mengambil sikap tegas terhadap TikTok. Dia percaya bahwa platform harus membayar tarif yang lebih tinggi untuk menggunakan musik. Hal ini sebagai pengakuan terhadap nilai yang ditambahkan musik ke pengalaman pengguna di TikTok. Mercuriadis memuji UMG karena berdiri tegak mendukung pemilik hak musik dan penulis lagu, menunjukkan pentingnya nilai musik dan perlunya kompensasi yang adil.

Keseluruhan situasi ini menyoroti perselisihan lisensi musik & dinamika yang kompleks antara industri musik dan platform digital. TikTok dihadapkan pada tuntutan untuk menyesuaikan model bisnisnya agar lebih adil bagi mereka yang menciptakan konten. Perselisihan ini mungkin akan menjadi momen penting dalam menentukan bagaimana hak dan kompensasi untuk industri musik diatur dalam era digital yang terus berkembang.

Share:

More Posts