stoodioHITS Blog

Minggu Penuh Gebrakan di Dunia AI

 

Minggu Penuh Gebrakan di Dunia AI (WA:08111474855). Pekan ini menjadi sebuah pekan yang luar biasa di dunia kecerdasan buatan (AI). Begitu banyak kemajuan dan terobosan baru sehingga sulit untuk melacak semuanya. Berikut beberapa sorotan:

1. Terobosan Besar dari OpenAI dengan Model QAR
OpenAI membuat terobosan besar dengan model baru yang disebut QAR yang dapat menyelesaikan masalah matematika yang belum pernah dilihat sebelumnya. Hal ini bisa memiliki implikasi besar untuk masa depan AI, karena dapat mengarah pada pengembangan AI yang dapat menyelesaikan masalah yang saat ini terlalu sulit bagi manusia.

2. Microsoft Merilis Orca 2, Model Bahasa Kecil yang Lebih Unggul
Microsoft merilis Orca 2, sepasang model bahasa kecil yang melampaui model yang lebih besar. Ini adalah terobosan besar, karena artinya kita sekarang dapat mendapatkan tingkat kinerja yang sama dari model yang lebih kecil, yang lebih murah dan lebih cepat untuk dilatih.

3. Stability AI Mengumumkan Stable Video Diffusion
Stability AI mengumumkan Stable Video Diffusion, alat baru yang dapat menghasilkan klip video pendek dari petunjuk teks. Ini adalah langkah maju besar dalam pengembangan video yang dihasilkan oleh AI, dan dapat memiliki berbagai aplikasi.

Baca juga: Google Memperkenalkan Lyria: Model Pembuatan Musik Canggih dan Eksperimen AI dengan YouTube

4. Eleven Labs Menyatakan Kemampuan Speech-to-Speech
Eleven Labs mengumumkan bahwa mereka sekarang memiliki kemampuan speech-to-speech. Ini berarti Anda sekarang dapat melatih 11 Labs dengan suara Anda sendiri atau suara kustom, dan kemudian menggunakannya untuk mengonversi teks ke bicara dalam suara tersebut.

5. Perbaikan dari Luma AI pada Genie Research Preview
Luma AI mengumumkan bahwa mereka telah meningkatkan Genie research preview mereka, alat yang dapat menghasilkan objek 3D dari petunjuk teks. Mereka juga menambahkan kemampuan untuk menambahkan petunjuk negatif dan mengontrol nomor seed.

6. Fitur Baru Google Meet dengan Deteksi Pelanggaran Berbantuan AI
Google Meet akan mendapatkan fitur baru yang menggunakan AI untuk mendeteksi pelanggaran. Ini adalah langkah maju besar dalam melawan pelanggaran hak cipta, dan dapat membantu melindungi para pembuat karya dari pencurian karya mereka.

7. Model Deep Learning Baru dari Nature.com: PANDA
Nature.com mempublikasikan artikel tentang model deep learning baru yang disebut PANDA yang dapat sangat akurat mendeteksi lesi pankreas dari pemindaian CT tanpa kontras. Ini adalah terobosan besar, karena dapat membantu mendeteksi kanker pankreas lebih awal, ketika masih dapat diobati.

Secara keseluruhan, inilah gebrakan di dunia AI dalam minggu ini. Begitu banyak kemajuan dan terobosan baru sehingga sulit untuk melacak semuanya. Jelas bahwa AI terus berkembang dengan kecepatan yang luar biasa, dan sangat menarik untuk melihat apa yang masa depan miliki.

Share:

More Posts