stoodioHITS Blog

Google Memperkenalkan Lyria: Model Pembuatan Musik Canggih dan Eksperimen AI dengan YouTube

Google Memperkenalkan Lyria

Google Memperkenalkan Lyria: Model Pembuatan Musik Canggih dan Eksperimen AI dengan YouTube. (WA 08111474855). Google terus memperkenalkan inovasi di dunia teknologi, dan kali ini mereka membawa sesuatu yang revolusioner di dunia musik. Dengan pengembangan “model pembuatan musik paling canggih” bernama Lyria oleh Google DeepMind, pengguna sekarang dapat menghasilkan musik berkualitas tinggi dengan instrumen dan vokal yang memukau. Lyria tidak hanya mampu melakukan tugas transformasi dan kelanjutan, tetapi juga memberikan pengguna kontrol yang halus terhadap gaya dan performa musik yang dihasilkan.

 

Eksperimen AI Bersama YouTube:

Google tidak hanya berhenti di situ, mereka juga mengumumkan dua eksperimen kecerdasan buatan yang berkolaborasi dengan YouTube. Eksperimen pertama adalah Dream Track, yang merupakan bagian dari YouTube Shorts. Dream Track memungkinkan sekelompok pencipta terbatas untuk menggunakan kecerdasan buatan dalam menghasilkan soundtrack unik. Soundtrack ini mencakup suara dan gaya musik dari sejumlah seniman ternama seperti Alec Benjamin, Charlie Puth, Charli XCX, Demi Lovato, John Legend, Sia, T-Pain, Troye Sivan, dan Papoose.

 

Kolaborasi Tanpa Batas:

Yang menarik dari Dream Track adalah kolaborasi antara seniman untuk membentuk masa depan kecerdasan buatan dalam musik. Lebih menariknya lagi, tidak ada dari mereka yang terikat dengan Sony Music, menunjukkan kebebasan ekspresi dan inovasi dalam industri musik.

 

Bagaimana Dream Track Bekerja:

Dream Track memberikan pengguna kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembuatan musik dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pengguna cukup mengetikkan topik lagu, memilih artis dari karusel yang disediakan, dan voila! Soundtrack 30 detik akan dihasilkan menggunakan model kecerdasan buatan Lyria dari Google. Model ini tidak hanya menciptakan lirik, tetapi juga trek pendukung dan suara yang sesuai dengan gaya artis yang dipilih.

Baca juga: YouTube Mengembangkan Sistem Penghapusan Konten AI untuk Melindungi Hak Cipta Musik

Dengan inovasi ini, selain Google memperkenalkan Lyria dalam pembuatan musik, Google juga membawa kolaborasi yang unik antara seniman dan kecerdasan buatan. Dream Track membawa pengalaman baru dalam menciptakan musik, memberikan ruang bagi kreativitas dan eksplorasi tanpa batas. Semakin jelas bahwa masa depan musik tidak hanya berada di tangan seniman, tetapi juga di pangkuan teknologi kecerdasan buatan yang semakin maju.

Share:

More Posts