stoodioHITS Blog

Disintermediasi: Mengubah Lanskap Industri Musik

Disintermediasi: Mengubah Lanskap Industri Musik

 

Disintermediasi: Mengubah Lanskap Industri Musik. Industri musik sedang mengalami transformasi besar seiring dengan munculnya disintermediasi (penghilangan pihak  perantara), di mana artis dan penggemar terhubung secara langsung tanpa perantara tradisional seperti label rekaman dan distributor. Pergeseran ini didorong oleh kemajuan teknologi, tuntutan investor, dan keinginan artis untuk kontrol dan transparansi yang lebih besar.

Dampak pada Perusahaan Musik Tradisional

Perusahaan musik tradisional menghadapi tekanan besar karena model bisnis mereka yang sudah ketinggalan zaman. Investor menuntut perubahan untuk meningkatkan profitabilitas dan beradaptasi dengan landskap digital. Hal ini mengakibatkan perampingan dan hilangnya lapangan pekerjaan di industri ini.

Munculnya Platform Langsung Artis-ke-Penggemar

Teknologi baru membuka peluang bagi artis untuk terhubung langsung dengan penggemar mereka, memotong perantara dan membangun hubungan yang lebih otentik. Platform seperti Bandcamp, Patreon, dan ArtistVerified memungkinkan artis untuk menjual musik, merchandise, dan konten eksklusif langsung kepada penggemar, memberikan mereka kontrol lebih besar atas karya dan pendapatan mereka.

Monetisasi Superfan

Platform ini sangat menarik bagi “superfan”, yang bersedia menghabiskan lebih banyak uang untuk mendukung artis favorit mereka. Platform ini menawarkan berbagai tools bagi artis untuk memonetisasi basis penggemar mereka, seperti langganan bulanan, konten eksklusif, dan pengalaman VIP member.

Baca Juga: Strategi Terbaik Untuk Membangun Fanbase Yang Kuat: Menggapai Setiap Tingkatan Penggemar

Dilema Label Besar

Artis label besar dihadapkan pada pilihan dilematis, yaitu antara menggunakan platform superfan yang dimiliki label, yang menawarkan jangkauan dan sumber daya yang lebih luas, atau platform independen yang memberikan kontrol dan transparansi yang lebih besar. Keputusan ini membutuhkan pertimbangan yang cermat tentang bagi hasil, data, dan potensi dampak pada hubungan artis-penggemar.

Persaingan dari Artis Independen

Label besar menghadapi persaingan yang semakin ketat dari artis independen yang memanfaatkan platform langsung dan teknologi digital untuk membangun basis penggemar mereka sendiri dan mendistribusikan musik mereka secara langsung. Hal ini memaksa label besar untuk beradaptasi dan mengevaluasi kembali model bisnis mereka.

Evolusi Model Pendapatan Streaming

Model pendapatan layanan streaming musik juga berkembang seiring dengan munculnya disintermediasi. artis mencari cara alternatif untuk mendistribusikan musik mereka di luar platform streaming tradisional, seperti penjualan langsung dan platform berbasis blockchain.

Menuju Disintermediasi Sejati

Meskipun disintermediasi sejati mungkin masih lama, pengurangan perantara dalam industri musik dipandang sebagai langkah positif menuju hubungan artis-penggemar yang lebih kuat dan model bisnis yang lebih adil. Platform seperti ArtistVerified menunjukkan potensi untuk menciptakan ekosistem musik yang lebih transparan dan berpusat pada artis.

Kesimpulan

Disintermediasi mengubah lanskap industri musik dengan memberdayakan artis dan penggemar untuk terhubung secara langsung. Pergeseran ini menghadirkan tantangan bagi perusahaan musik tradisional tetapi juga membuka peluang baru bagi artis untuk berkembang dan membangun karir mereka. Masa depan industri musik kemungkinan akan ditentukan oleh mereka yang mampu beradaptasi dengan model baru ini dan membangun hubungan yang langgeng dengan penggemar.

sumber: hypebot.com

Share:

More Posts