stoodioHITS Blog

CEO Believe Memuji TikTok, Menghindari Sengketa Lisensi UMG

CEO Believe Memuji TikTok

CEO Believe Memuji TikTok, Menghindari Sengketa Lisensi UMG. Pernyataan CEO Believe, Denis Ladegaillerie, yang menekankan manfaat berharga platform TikTok bagi artis dan label, semakin memperkeruh perselisihan antara Universal Music Group (UMG) dan platform video pendek tersebut.

Perpecahan di TikTok

UMG, perusahaan rekaman terbesar di dunia, menarik katalognya yang luas dari TikTok setelah perjanjian lisensi kedua perusahaan berakhir pada bulan Januari. UMG mengkritik keras model kompensasi TikTok, sementara platform media sosial tersebut menuduh perusahaan rekaman tersebut mengutamakan “keserakahan” daripada kepentingan artis dan penulis lagu. Perselisihan tersebut telah menyebabkan seruan dari beberapa sudut industri yang menuntut pembayaran yang lebih adil dari TikTok.

Believe Berbeda: TikTok sebagai “Mitra Penting”

Sebaliknya, pernyataan Ladegaillerie menyoroti pentingnya TikTok sebagai alat promosi: “Misi Believe adalah untuk mendukung perkembangan artis di semua tahap karir mereka. TikTok adalah mitra penting dalam tujuan kami. Komitmen mereka untuk bekerja dengan Believe telah mempercepat penemuan dan pengembangan banyak artis, dan bersama-sama kami telah membangun layanan jangka panjang dan monetisasi yang berharga bagi artis dan label kami.”

Baca juga: Perselisihan Lisensi Musik: Universal Music Group Vs TikTok

Waktu Kesepakatan

Sikap positif Believe terhadap TikTok signifikan terkait dengan perselisihan UMG. Diketahui bahwa perusahaan tersebut menandatangani perjanjian lisensi saat ini dengan TikTok dalam 12 bulan terakhir, dengan persyaratan yang mirip dengan Warner Music Group, yang CEO-nya menganggap perjanjian mereka “adil”.

Mengapa Ini Penting?

Pernyataan Believe, dan waktu kesepakatan TikTok mereka, menimbulkan keraguan tentang beberapa argumen tentang income yang tidak memadai untuk artis dan label yang menggunakan platform tersebut. Hal ini juga menimbulkan pertanyaan tentang apakah TikTok benar-benar membayar artis di bawah standar secara keseluruhan, atau apakah perselisihan tersebut lebih terkait dengan taktik negosiasi spesifik dalam lanskap label besar.

Apa Selanjutnya?

Sikap Believe dapat memberi tekanan tambahan pada Universal Music Group, menunjukkan bahwa kesepakatan yang menguntungkan dengan TikTok dapat dicapai – bahkan di iklim saat ini. Namun, mengingat pengaruh dan ukuran katalog UMG yang sangat besar, menemukan jalan tengah mungkin sulit dan perselisihan mungkin berlanjut untuk beberapa waktu.

Share:

More Posts