stoodioHITS Blog

Believe dan Teknologi AI Radar: Atasi Banjir Lagu Buatan AI!

Believe dan Teknologi AI Radar: Atasi Banjir Lagu Buatan AI! (WA: 08111474855) Believe, sebuah perusahaan agregator musik yang terkemuka, telah merilis algoritma inovatif bernama AI Radar, yang dirancang khusus untuk mendeteksi lagu yang sepenuhnya dihasilkan oleh kecerdasan buatan (AI). Denis Ladegaillerie, CEO perusahaan, baru-baru ini menegaskan komitmen perusahaan untuk tidak mendistribusikan konten yang dibuat secara eksklusif oleh AI.

AI Radar, hasil pengembangan internal Believe, mencapai tingkat keberhasilan yang luar biasa, mampu mendeteksi rekaman AI hingga 98% dan “deep fakes” dengan akurasi mencapai 93%. Tujuan utamanya adalah memberikan perlindungan dan kendali kepada para musisi di tengah maraknya penggunaan AI dalam industri musik.

Di dalam dunia musik, muncul kekhawatiran tentang kemampuan AI untuk menciptakan lagu yang sangat menyerupai karya asli dari para seniman. Kasus seperti lagu viral NostalgIA, yang meniru suara Justin Bieber dan Bad Bunny, menimbulkan reaksi heboh di kalangan artis dan pelaku bisnis musik.

Perusahaan besar seperti Universal Music Group (UMG) juga merespons serius terhadap tren ini dengan memblokir akses kontennya bagi platform AI, yang kemudian memicu pertempuran hukum menarik.

Baca juga: Perubahan Dinamika Promosi Musik: Radio vs. Media Sosial

Believe, yang memiliki anak perusahaan TuneCore, tampaknya mengambil peran proaktif dalam menanggapi tantangan ini. Dengan mengembangkan deteksi AI untuk menghindari masalah di layanan streaming, perusahaan ini bertujuan menjadi pelaku yang bertanggung jawab dalam mengawal evolusi musik AI.

Industri musik saat ini tengah berjuang dengan masalah konten AI yang muncul tanpa izin. Upaya seperti implementasi AI Radar diharapkan dapat menjadi solusi yang efektif.

Meskipun industri musik dan perusahaan teknologi bekerja sama untuk mengatasi masalah konten musik AI, layanan streaming besar kemungkinan akan mengembangkan detektor AI mereka sendiri. Potensi pendapatan dari musik AI di masa depan memang besar, namun keterlibatan aktif dan persetujuan dari para musisi tetap menjadi kunci utama dalam mengarahkan evolusi ini menuju arah yang positif.

 

Share:

More Posts