stoodioHITS Blog

Bagaimana Mengatasi Rasa Takut untuk Edar Single Pertama.

Takut untuk Edar Single Pertama

Bagaimana Mengatasi Rasa Takut untuk Edar Single Pertama.  Mengedarkan single pertama menjadi langkah penting bagi musisi untuk memulai karirnya. Biasanya akan bermunculan rasa takut; takut kritik, takut ditolak, takut gak laku, dan tiba2 muncul keraguan atas kemampuan diri. Hal ini bisa menghambat untuk melangkah maju.

Berikut ada beberapa tips untuk mengatasi rasa takut itu:

Bangun Ke-PEDE-anmu

  1. Yakin dan percayalah dengan karya dan kemampuanmu. Bangun kepercayaan dirimu terhadap musik dan karya ciptamu, kalau bukan berawal dari kamu, siapa lagi yang akan percaya pada single mu?
  2. Asah skillmu. Tidak hanya melatih skill bermusik, namun skill tampil di depan umum juga penting. Latih juga kemampuan public speaking, karena hal ini sangat penting untuk memikat calon penggemar.
  3. Jangan abaikan berbagai macam masukan. Siapapun yang memberikan kritik, baik positif maupun negatif, semuanya pasti akan bermanfaat. Tata hatimu, jangan terpancing, ambil yang kira2 bisa menunjang kemajuan karirmu.
  4. Bergaul lah dengan semua kalangan. Mendapat dukungan dari orang terdekat memang bagus, namun tidak ada salahnya kamu coba untuk bergaul dengan berbagai kalangan yang belum kamu kenal, disamping untuk mendapatkan feedback, hal ini juga bermanfaat untuk melatih kemampuanmu handle berbagai macam orang.

 

Baca juga: Strategi Sukses Di Spotify Untuk Musisi Indie DIY

Strategi Promosi:

  1. Susun Strategi Promosi yang Terstruktur. Buat goal yang jelas, misalnya mengejar 1000 stream spotify dan 500 subs youtube channel, Kemudian tentukan siapa target marketnya, demografinya bagaimana, psikografinya seperti apa dan bagaimana caranya untuk menjangkau mereka. Yang pasti, susun strategi yang sesuai dengan genre musikmu. 
  2. Gunakan Social Media se-Optimal mungkin. Kalau bingung bagaimana caranya membuat konten, dokumentasikan saja semua kegiatan bermusik dan bagikan ke sosial media. Fokus saja sama platform ini; Tiktok, IG dan Youtube.
  3. Cobalah Collabs dengan Musisi lain. Dengan collabs, disamping untuk menambah jangkauan audience, bisa untuk menambah jaringan pertemanan, sekaligus bisa mengukur skill level-mu dibandingkan partner collabs.
  4. Jangan tinggalkan media konvensional dan komunitas musik. Cobalah untuk bisa membangun komunikasi dengan musisi-musisi yang tergabung dalam komunitas tertentu, biasanya akan mendapatkan banyak insight dari mereka. Berkenalan dengan wartawan-wartawan media konvensional juga akan memberikan manfaat untuk membangun exposure.
  5. Perbanyak tampi live. Meskipun tidak mendapatkan bayaran, cobalah untuk bermain live sebanyak mungkin. Carilah panggung2 gratisan. Kegiatan ini akan sangat membantu untuk melatih dan menambah jam terbang tampil di depan public. Perlu diketahui bahwa sejauh ini promosi paling efektif adalah tampil live. Jika penampilanmu menarik, penonton akan dengan suka rela menjadi penggemarmu. Jadi latihlah sekeras mungkin penampilan live mu.

Jadi kesimpulan Bagaimana Mengatasi Rasa Takut untuk Edar Single Pertama;  Yakinlah pada diri sendiri dan nikmati prosesnya. Ingatlah bahwa rilis single pertama adalah langkah awal dalam perjalanan musikmu. Teruslah berkarya, belajar, dan berkembang.

Kalau masih tetap ragu dan takut, coba hub admin kami :).

Pesan Semangat:

“Ketakutan adalah hal yang wajar, tapi jangan biarkan rasa takut itu menghentikanmu. Percayalah pada kemampuanmu dan teruslah berkarya. Musikmu berhak untuk didengar.”

Share:

More Posts