stoodioHITS Blog

Apa itu Musisi Indie: versi Endah (Endah N Rhesa) & Widi (Maliq & D’essential)

Apa itu Musisi Indie: versi Endah & Widi

Apa itu Musisi Indie: versi Endah (Endah N Rhesa) & Widi (Maliq & D’essential). Dunia musik indie Indonesia terus berkembang, menghadirkan warna dan melodi unik yang memikat para pendengarnya. Dalam sebuah perbincangan menarik, Endah (Endah N Rhesa) & Widi (Maliq & D’essential), dua nama besar di kancah musik indie, berbagi pengalaman dan pandangan mereka tentang arti indie, plus minusnya, dan pesan untuk para musisi yang ingin menempuh jalur ini.

Memahami Esensi Indie

Bagi Endah N Rhesa, perjalanan mereka di dunia indie berawal dari kecintaan terhadap musik. Awalnya, mereka tidak menyadari label “indie” yang melekat pada mereka. Fokus utama mereka adalah menciptakan lagu, merekamnya, dan tampil di panggung. Baru setelah menjalin kerjasama dengan major label, mereka mulai memahami arti indie. Bagi mereka, indie merupakan wujud kebebasan dan kontrol penuh atas karya mereka.

Senada dengan Endah N Rhesa, Maliq & D’Essentials mendefinisikan indie sebagai proses berjalan sendiri tanpa jaringan besar. Mereka pernah bekerja sama dengan major label, namun kemudian memutuskan untuk kembali ke jalur indie. Bagi mereka, indie memberikan kontrol penuh atas karya dan kesempatan untuk bereksperimen tanpa batasan.

Menimbang Kelebihan dan Kekurangan Musik Indie

Kebebasan dan kontrol penuh atas karya menjadi salah satu daya tarik utama musik indie. Endah N Rhesa menikmati fleksibilitas dalam manajemen dan kerjasama, sedangkan Maliq & D’Essentials menyukai kebebasan untuk bereksperimen dan berkreasi tanpa batasan. Kebebasan ini memberikan mereka ruang untuk mengembangkan identitas musik mereka yang unik.

Namun, di balik kebebasannya, musik indie juga memiliki tantangan. Endah N Rhesa menekankan tanggung jawab penuh atas semua aspek musik, seperti manajemen dan finansial. Tantangan lain adalah dalam membangun dan menjangkau audience. Maliq & D’Essentials menambahkan bahwa musisi indie perlu berani berinvestasi dalam karya mereka dan siap menghadapi resiko finansial yang lebih besar.

Baca Juga: Rahasia Video Pendek Viral: Pelajaran Dari Jenny Hoyos

Pesan untuk Musisi Indie:

Endah N Rhesa dan Maliq & D’Essentials memiliki pesan inspiratif bagi para musisi indie. Endah N Rhesa menekankan pentingnya memiliki kontrol atas karya dan berani mengambil resiko. Mereka juga mendorong musisi indie untuk terus belajar dan berkembang, serta membangun komunitas musik yang solid.

Sementara itu, Maliq & D’Essentials mengingatkan pentingnya mindset berbisnis dan berani berinvestasi dalam karya. Konsistensi dan pantang menyerah menjadi kunci untuk membangun karir musik indie yang sukses.

Kesimpulan:

Musik indie menawarkan kebebasan dan kontrol kreatif bagi musisi, namun juga memiliki tantangan finansial dan tanggung jawab yang lebih besar. Musisi indie perlu memiliki mindset berbisnis, berani berinvestasi, dan terus belajar untuk mengembangkan karir mereka.

Sumber : DIKSIMARATON! Eps. 6 “Mengelola Karir Musisi melalui Sistem Manajemen Mandiri”

Share:

More Posts